Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

About

Kami disini memberikan yang terbaik sesuai dengan pemahaman kami mengenai prihal yang menjadi focus pembahasan.
RSS

Salam Silaturrahim


الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على اشرف لانبياءوالمرسلين سيدنا محمد و على اله و صحبه اجمعين اما بعد
Jamaah sekalian yang saya hormati,

saudara sekalian, kira-kira pingin cepet apa tidak dapet rizki? kira-kira pingin apa tidak punya usia panjang yang penuh berkah?
saudara pingin tau caranya? Caranya adalah dengan melanggengkan silaturrahim. Dengan silaturrahim insyaAllah pintu rezki terbuka, insyaAllah dipanjangkan umurnya oleh Allah. Subhanallah... itulah sekelumit hikmah silaturrahim...
Ada sebuah hadist yang berbunyi: Hadis riwayat Anas bin Malik ra., ia berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda: Barang siapa yang merasa senang bila dimudahkan rezekinya dan dipanjangkan usianya, maka hendaklah dia menyambung hubungan kekeluargaan (silaturahmi). (Shahih Muslim No.4638)
jamaah yang saya hormati kali ini saya akan mengupas tentang silaturrahim. Pengertian silaturrahim adalah memper erat tali persaudaraan antar sesama, khususnya sesama muslim. Di Negara kita silaturrahim dilakukan dengan sangat baik dan sangat tertanam pada tradisi. Bisa kita lihat saat hari raya idul fitri atau idul adha tiba. Orang Indonesia berbondong-bondong pulang ke kampung halamanya untuk bersilaturrahim dengan orang-orang yang lama tidak ditemuinya. Baik itu orang tua, saudara, teman, juga para tetangga. Dalam hal ini Allah memerintahkan silaturrahim dalam surah annisa’ ayat 1 yang berbunyi:

وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالأرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Artinya: Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.

lalu bagaimana cara memelihara silaturrahim?
Cara yang paling mudah adalah saling menyapa. Bagaimana cara menyapa yang baik buk? Cara menyapa yang baik dalam islam adalah mengucap salam. Karena salam adalah identitas bagi kita umat muslim. Jika kita mau silaturrahim ke tetangga buk... alangkah baiknya tidak hanya memanggil nama, tapi juga diawali dengan salam. Karna apa? Karena didunia ini yang dibicarakan Cuma ada 3. Yang pertama tentang Tuhan, yang kedua tentang alam semesta, yang ketigta tentang manusia. Ibuk kalau main ke tetangga biasanya ngomongin tentang apa? Tentang manusia. Yang namanya manusia seperti kita ini buk banyak salah, jadi pasti selalu ada kesana kemarinya pembicaraan tentang orang lain. Maka dari itulah gunanya salam dalam mengawali pembicaraan dengan tetangga. Dalam salam terdapat nama Allah, dalam salam juga terdapat do’a dan saling mendoakan agar terdapat keselamatan antara 2 orang yang akan berkomunikasi. Dan ketika ada sesuatu yang diawali dengan nama Allah dan doa insyaAllah akan dilindungi dan diselamatkan oleh Allah. Baik dalam ucapan, perbuatan, dan jauh dari musibah. Dan kalau ibuk sekalian tau... bahwa salam adalah ucapan para penghuni surga. Kalau ibuk sekalian sudah membiasakan ucapan salam, berarti ibuk sudah siap jadi penghuni surga. Allahumma amin... seperti yang tertera dalam surat al-Waqi’ah ayat 25 dan 26 yang berbunyi:

لا يَسْمَعُونَ فِيهَا لَغْوًا وَلا تَأْثِيمًا
Mereka tidak mendengar di dalamnya perkataan yang sia-sia dan tidak pula perkataan yang menimbulkan dosa,

إِلا قِيلا سَلامًا سَلامًا
akan tetapi mereka mendengar ucapan salam.

Sebhanallah... betapa Allah sudah menunjukkan bagaimana cara bersilaturrahim dengan detil mulai dari hal-hal yang sangat kecil seperti mengucap salam ini.
Maka dari itu... mari kita budayakan mengucap salam jika bertemu dan akan berbicara dengan siapapun, agar pembicaraan kita diridhoi oleh Allah. Amin...
Marilah kita biasakan kebaikan-kebaikan kecil, kita kumpulkan sebanyak mungkin kebaikan-kebaikan mulai yang kecil hingga kita mendapatkan hikmah dan ridho yang agung dari Allah SWT. Amin...

Demikian dari saya,


wassalamualaikum Wr. Wb.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts